URAIAN MATERI
PRINSIP DESAIN GRAFIS
Prinsip-prinsip desain
membantu menentukan bagaimana menggunakan elemen desain. Ada empat prinsip
desain: keseimbangan, penekanan, irama, dan kesatuan. Prinsip-prinsip desain
membantu anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak
yang baik.
Keseimbangan
Setiap elemen pada
susunan visual berat yang telah ditentukan oleh ukurannya, kegelapan atau
keringanan, dan ketebalan dari baris. Ada dua pendekatan dasar untuk
menyeimbangkan. Yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan
susunan dari elemen agar merata ke kiri dan ke kanan dari pusat. Yang kedua
adalah keseimbangan asimetris yang merupakan pengaturan yang berbeda dengan
berat benda yang sama di setiap sisi halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan
tekstur dapat digunakan sebagai unsur balancing.
Simetris bisa menjadi
kekuatan dan stabilitas publikasi, presentasi, dan situs web. Asimetris dapat
menyiratkan kontras, berbagai gerakan, mengejutkan dll. Hal ini cocok untuk
modern dan publikasi hiburan, presentasi, dan situs web.
Untuk menciptakan
keseimbangan:
1. Ulangi bentuk
tertentu secara berkala, baik secara vertikal maupun horizontal.
2. Pusat elemen
pada halaman.
3. Menempatkan
beberapa visuals kecil di satu daerah untuk menyeimbangkan satu blok besar
gambar atau teks.
4. Gunakan satu
atau dua bentuk aneh dan membuat bentuk biasa.
5. Keringanan
teks potong-berat dengan terang, berwarna-warni visual.
6. Meninggalkan
banyak spasi besar sekitar blok teks atau foto gelap.
7. Offset besar,
gelap foto atau ilustrasi dengan beberapa lembar teks kecil, masing-masing
dikelilingi oleh banyak spasi.
Irama
Rhythm / Irama adalah
pola berulang yang dibuat oleh unsur-unsur yang berbeda-beda. Pengulangan
(mengulangi unsur serupa dalam cara yang konsisten) dan variasi (perubahan
dalam bentuk, ukuran, posisi atau elemen) adalah kunci untuk visual ritme.
Menempatkan elemen dalam sebuah layout secara berkala membuat halus, dan bahkan
ritme yang tenang, santai moods. Sudden perubahan pada ukuran dan jarak antara
unsur membuat cepat, ritme hidup dan suasana hati yang menyenangkan.
Untuk membuat rhythm:
1. Ulangi
sejumlah elemen berbentuk mirip, bahkan dengan spasi putih di antara
masing-masing, untuk menciptakan sebuah ritme biasa.
2. Ulangi
rangkaian semakin besar elemen yang lebih besar dengan spasi putih di antara
setiap ritme yang progresif.
3. Alternatif
gelap, huruf tebal dan ringan, tipis jenis.
4. Alternatif
gelap halaman (dengan banyak jenis grafik atau gelap) dengan cahaya halaman
(dengan jenis lebih sedikit dan berwarna muda grafis).
5. Mengulang
bentuk yang sama di berbagai bidang sebuah layout.
6. Ulangi elemen
yang sama pada posisi yang sama pada setiap halaman yang dicetak penerbitan
seperti newsletter.
Penekanan
Penekanan yang berdiri
atau mendapat perhatian pertama. Tata letak setiap kebutuhan yang penting untuk
menarik para pembaca mata ke bagian penting dari tata letak. Terlalu banyak
fokus poin kekalahan tujuan. Umumnya, yang penting dibuat ketika salah satu
unsur yang berbeda dari yang lainnya.
Untuk membuat
penekanan:
1. Gunakan
rangkaian merata spaced, persegi di samping foto yang digariskan foto dengan
bentuk yang tidak biasa.
2. Letakkan
bagian yang penting dari teks pada sudut melengkung atau sekaligus menjaga
semua jenis yang lainnya di kolom lurus.
3. Gunakan huruf
tebal, hitam untuk judul dan jenis subheads ringan teks dan banyak lainnya
untuk semua teks.
4. Tempat yang
besar di sebelah gambar kecil sedikit teks.
5. Reverse
(gunakan jenis putih) yang utama dari sebuah kotak hitam atau berwarna.
6. Gunakan warna
yang tidak biasa atau jenis font yang paling penting untuk informasi.
7. Letakkan
daftar yang ingin Anda sorot di sidebar dalam kotak berbayang.
Kesatuan
Kesatuan membantu
semua elemen seperti milik mereka bersama. Pembaca harus visual cues untuk
memberitahu mereka tahu potong merupakan salah satu unit-teks, headline, foto,
gambar, dan keterangan semua pergi bersama-sama.
Menyatukan elemen
elemen oleh kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti
milik mereka bersama. Ulangi warna, bentuk, dan tekstur. Gunakan kotak (dengan
struktur yang halaman) untuk membuat kerangka untuk margin, kolom, jarak, dan
proporsi.
Untuk membuat
persatuan:
1. Gunakan hanya
satu atau dua typestyles dan berbeda ukuran atau berat untuk kontras seluruh
publikasi, presentasi, atau situs web.
2. Konsisten dengan jenis font, ukuran, dan gaya untuk
judul, subheads, keterangan, headers, footers, dll di seluruh publikasi,
presentasi, atau situs web.
3. Menggunakan palet warna yang sama di seluruh.
4. Mengulang warna, bentuk, atau tekstur yang berbeda
di seluruh wilayah.
5. Pilih visuals yang berbagi serupa warna, tema, atau
bentuk.
6. Memperderetkan foto dan teks yang sama dengan grid
baris.
Tipografi Dalam Desain
Grafis.
Tipografi
bisa juga dapat dikatakan sebagai “visual language” atau dapat berarti “Bahasa yang
dapat dilihat”.
Tipografi dibagi kedalam 2 macam jenis, yaitu :
"Typography" (Tipografi)
merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya
pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga
dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Seni tipografi, yaitu karya atau desain yang
menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama.
Tipografi atau typography menurut Roy Brewer (1971)
dapat memiliki pengertian luas yang meliputi penataan dan pola halaman, atau
setiap barang cetak. Atau dalam pengertian lebih sempit hanya meliputi
pemilihan, penataan dan berbagai hal bertalian pengaturan baris-baris susun
huruf (typeset), tidak termasuk ilustrasi dan unsur-unsur lain bukan
susun huruf pada pada halaman cetak.
Peran dari pada tipografi itu sendiri adalah
untuk mengkomunikasikan ide atau informasi dari halaman tersebut ke
pengamat. Terkadang secara tidak sadar, kita selau berhubungan dengan
tipografi setiap hari dan setiap saat. Seperti koran atau majalah yang kita
baca, label pakaian yang biasa kita kenakan dan masih banyak lagi contoh-contoh
lainnya.
Perkembangan tipografi saat ini sudah mengalami
perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan (hand drawn) hingga mengalami
komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih
mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan
jumlahnya. Berikut ini beberapa jenis huruf berdasarkan klasifikasi yang
dilakukan oleh James Craig, antara lain sbb :
1. Roman
Ciri dari huruf ini adalah memiliki
sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki
ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang
ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.
2. Egyptian
Adalah jenis huruf yang memiliki ciri
kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang
sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulakn adalah kokoh, kuat, kekar dan
stabil.
3. Sans Serif
Pengertian San Serif adalah tanpa sirip/serif,
jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya dan memiliki
ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf
jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.
4. Script
Huruf Script menyerupai goresan tangan yang
dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan.
Kesan yang ditimbulkannya adalah sifast pribadi dan akrab.
5. Miscellaneous
Huruf jenis ini merupakan pengembangan dari
bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis
dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.
Latihan
soal
1. Sebutkan prinsip – prinsip desain grafis!
2. Apakah manfaat prinsip desain grafis?
3. Apakah yang dimaksud irama?
4. Sebutkan dua macam keseimbangan!
5. Apakah yang dimaksud tipografi?
Jawaban
1. keseimbangan, penekanan, irama, dan kesatuan
2. menentukan
bagaimana menggunakan elemen desain.
3. pola
berulang yang dibuat oleh unsur-unsur yang berbeda-beda
4. Keseimbangan
simsteris dan keseimbangan asimetris
5. suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan
pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan
kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan
membaca semaksimal mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar